Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Bayi yang Baru Lahir

Proses kelahiran buah hati tentunya menjadi sebuah momen yang sangat dinantikan oleh banyak keluarga apa lagi jika pasangan suami isteri yang telah lama menantikan kelahiran anak pertama mereka, tentu ini akan seperti sebuah kado yang sangat berharga dan tak ternilai. Sebuah pengalaman baru tentu akan benar – benar dirasakan oleh para orang tua saat kehadiran momongan seperti ini, memandangi bayi yang baru lahir hingga membesarkannya menjadi anak yang sesuai dengan harapan keluarga.

jangan-asal-cium-bayi-baru-lahir-alodokterBeberapa hal penting untuk merawat bayi yang baru lahir

Tidak sedikit orang tua yang mungkin akan terlalu khawatir saat masa – masa awal kelahiran anak, bagaimana pun juga ini merupakan awal mula dalam proses bayi mulai beradaptasi dengan lingkungan. Contohnya seperti saat merawat dan membersihkan tali pusat bayi yang baru lahir yang kebanyakan akan membuat ibu khawatir dan tak sedikit pula yang hingga merasakan ketakutan saat harus bersentuhan dengan bagian yang satu ini, namun jika sudah mengerti maka sesungguhnya membersihkan dan merawat tali pusat bayi cukup mudah. Nah berikut ini beberapa langkah yang bisa ibu lakukan di rumah saat merawat tali pusat bayi.

  • Harus diketahui bahwa yang paling utama adalah menjaga tali pusat bayi agar selalu dalam keadaan kering. Dengan seperti ini maka cukuplah untuk dapat sekedar membasahi tubuh bayi saja tanpa harus mandi, bayi cukup diseka dan usahakan agar tidak ada air yang menempel pada tali pusat bayi. Lakukan seperti ini hingga bayi berumur 5 hingga 22 hari selama tali pusat belum terlepas.
  • Meski ibu di rumah juga tetap bisa memandikan buah hatinya, namun perlu dijaga betul kondisi tali pusat bayi. Jika sudah selesai mandi, yakinkan bahwa tali pusat bayi telah benar – benar dalam keadaan kering dengan cara dilap dengan tisu atau pun kain halus.
  • Pada keadaan normal tali pusat bayi selalu dalam kondisi bersih dan tidak lengket, akan tetapi bila kemudian tali pusat terlihat lembab dan lengket maka ini dapat dibersihkan dengan kapas organik dan diberi sedikit alkohol. Usapkan pada area pertemuan antara tali pusat dan kulit perut bayi.
  • Bungkus tali pusat bayi yang baru lahir menggunakan kasa steril. Jika dibutuhkan maka tali pusat bisa diletakkan dibawah balutan gurita, hal ini juga bisa menghindari menempelnya tali pusat dengan popok atau pun celana yang mudah kotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *