Cara Merawat Ketajaman Warna Batik agar Tidak Gampang Pudar

Batik merupakan kain yang memiliki tekstur yang berbeda dengan beberapa kain lainnya, oleh karenanya merawatnya pun pastinya akan berbeda dengan perawatan kain pada umumnya. Pada umumnya, banyak konsumen batik mendambakan warna dan ketajaman batik yang tahan lama meski telah dicuci dan dibersihkan berulang-ulang. Perlu anda ketahui pula meski batik menggunakan bahan yang sama dengan kain lainnya, akan tetapi perawatan khusus tetap diterapkan untuk dapat membuat batik dapat dipakai lebih lama.

Kain BatikUntuk diketahui bersama bahwa pada saat pencucian pertama, luntur yang terjadi pada kain batik merupakan sebuah hal yang bisa dianggap wajar. Dan lunturnya batik pada saat pencucian batik sendiri terjadi pada semua jenis batik hingga batik tulis pun juga pasti akan luntur. Oleh karena itu, sangat disarankan agar tidak mencampur batik dengan pakaian lain saat mencuci untuk kali pertamanya. Apalagi dengan kain yang memiliki warna yang cerah. Selain itu, kain batik akan memproses adanya pelunturan residu pada saat pencucian pertama tersebut.

Mengutip dari laman portal berita Republika, diketahui bahwa pada saat pencucian batik sangat tidak disarankan untuk dilakukan perendaman dalam jangka waktu yang lama. Selain itu juga disarankan pula untuk tidak menggunakan deterjen dalam jumlah yang terlalu banyak. Karena deterjen sendiri merupakan salah satu media yang menjadi penyebab adanya pelunturan warna serta motif dari batik. Kemudian proses penjemuran pun sangat dianjurkan untuk tidak terpapar matahari secara langsung.

“Setelah dicuci, batik jangan dikeringkan di bawah sinar matahari langsung, cukup kena angin-angin saja,” ujar Mustar Sidiq, Pengrajin batik asal Pekalongan seperti dikutip dari Sidomi.com

Terkena sinar matahari secara langsung bisa menjadi penyebab cepatnya warna dan motif kain batik menjadi pudar. Kemudian untuk mengurangi kandungan air pada batik saat dicuci disarankan untuk melakuakn peremasan dengan menggunakan tangan dan tidak dianjurkan untuk menggunakan pengering yang ada pada mesin cuci. Selanjutnya adalah menjemurnya di tempat yang teduh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *