Cara Mudah Atasi Anak Susah Makan

Cara mengatasi anak susah makan memang menjadi salah satu pengetahuan yang harus para ibu miliki. Hal ini didasarkan pada anak balita yang kerap mengalami permasalahan tersebut. Betapa tidak, di usia balita, ternyata bayi atau anak sendiri sering mengalami pertumbuhan dalam hal dimana mereka lebih suka bermain. Nah, dikarenakan oleh hal inilah akhirnya, anak terkadang lebih tertarik untuk bermain dibandingkan untuk harus makan.

Jika menemukan permasalahan ini, tentu sang ibu sebagai orang tua dari anak tersebut akan merasa khawatir. Pasalnya nutrisi yang diserap olehnya tidak akan maksimal. Dan lagi hal ini juga dikhawatirkan akan membuat terjadinya masalah berupa penyakit dan bisa jadi akan menghambat pertumbuhan si anak itu sendiri.

Beberapa ahli kesehatan anak menyebutkan dalam menghadapi masalah ini, cara mengatasi anak susah makan itu harus lah diadakan variasi cara makan atau juga makanannya. Namun, bila hal ini memang tetap susah untuk dilaksanakan maka tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Sesuaikan asupan makanan yang anda berikan dengan usia si anak. Dalam hal ukuran atau takaran porsi makan si anak, sebaiknya selalu berikan yang cukup bukan malah lebih. Hal ini didasarkan pada pola keinginan sang anak yang memang tidak ingin makan. Namun jika porsi tersebut menurut anak masih kurang tentu mereka boleh untuk nambah.
  2. Untuk mencegah rasa bosan bagi anak saat makan, maka ibu harus lebih kreatif dalam menyediakan menu makanan yang sehat untuk mereka. Perbedaan rasa, ragam masakan dan juga cara penyajian yang lebih kreatif jelas menjadi salah satu faktor penunjang berhasilnya anda meminta anak anda untuk bisa makan sesuai dengan porsi yang mereka butuhkan.
  3. Utamakan makanan yang mereka konsumsi adalah makanan yang memang memiliki kandungan gizi yang seimbang. Hindari memberikan beberapa kudapan yang tidak terlalu memiliki gizi lagi mengenyangkan. Hal ini hanya akan membuat anak tidak merasa lapar dan justru meninggalkan makanan pokok mereka.
  4. Kemudian berilah sebuah jadwal kepada mereka untuk kapan harus ngemil dan kapan untuk makan. Dalam hal cemilan sendiri usahakan yang memiliki kandungan nutrisi bagi mereka. Bisa saja anda memilihkan cemilan berupa buah-buahan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang tinggi.

Demikianlah 4 cara mengatasi anak susah makan. Semoga bisa membantu ibu tidak khawatir lagi akan kesehatan si anak yang memang sedang dalam masa pertumbuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *