Inilah 5 Langkah Mudah Atasi Cacar Air pada Anak

Cacar air adalah salah satu masalah yang biasa menyerang anak kecil. Adapun penyakit cacar air pada anak ini sendiri disebabkan oleh virus yang bernama varicella-zoster. Umumnya penyakit ini menyerang anak dalam usia kurang dari 10 tahun. Namun demikian, anda tidak perlu khawatir, pasalnya kebanyakan masalah cacar air ini sendiri tidak memerlukan anda untuk membawa anda ke rumah sakit, karena tubuh akan otomatis bekerja untuk membuat protein yang kemudian dinamakan antibody untuk melawan virus penyebab cacar air.

Lalu, perawatan seperti apakah yang dibutuhkan anak anda? Berikut adalah 5 langkah untuk mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cacar air pada anak anda :

1. Mengurangi Gatal

Gatal pastinya adalah salah satu efek yang muncul jika cacar air menyerang anak. Namun demikian, jangan biarkan anak anda menggaruknya, karena akan berdampak pada infeksi yang bisa jadi akan terjadi pada kulit anak anda dan menyebabkan masalah yang baru yakni bekas luka akan muncul jika sudah sembuh. Untuk mengatasi gatal tersebut anda bisa melakukan mandi oatmeal,  mengompres dingin anak anda, atau dengan menggunakan antihistamin. Untuk penggunaan obat, orang tua terlebih dahulu berkonsultasi dengan pihak dokter.

2. Menurunkan Suhu Tubuh

Demam adalah hal yang wajar muncul, karena demam adalah efek dari perlawanan daya tahan tubuh terhadap virus yang menyerang. Obat bebas pun bisa diterapkan untuk mengatasi demam tersebut namun tetap perhatikan cara pakai yang biasa tercantum pada kemasannya. Bijaknya terlebih dahulu anda harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Mencegah Tersebarnya Infeksi

Cacar adalah penyakit menular, dimana penyebarannya akan lebih cepat terjadi jika terjadi kontak dengan penderita infeksi cacar tersebut. Oleh karena itu, jangan biarkan anak anda pergi ke sekolah sebelum dia sembuh total dari masalah penyakit cacar tersebut.

4. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman 

Tingkat parah dari penyakit cacar dapat dikurangi dengan memberikan beberapa obat seperti berikut :

  • Vaksin cacar air, vaksin cacar air dapat diberikan dalam 3 hari yang memungkinkan anak tidak akan menderita sakit atau setidaknya hanya sakit ringan saja.
  • Imunoglobulin, pencegahan sakit cacar pada anak dapat diatasi tingkat keparahannya dengan memberikan suntikan Imunoglobulin. Umumnya ini diberikan kepada para ibu hamil atau bayi yang baru lahir yang sudah terinfeksi virus cacar.

5. Obat Mengatasi Cacar

Cacar pada anak tentunya adalah salah satu masalah anak yang segera kita ingin atasi permasalahannya. Salah satunya adalah dengan memberi obat. Dalam memberikan obat, anda pun dapat memberikannya obat-obatan yang ada di warung atau dijual bebas di kios kios warga. Namun sekali lagi, ditekankan kembali kepada anda untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter sebelum meracik dosisnya kepada anak anda.

Demikian tips mengatasi cacar air pada anak yang dapat anda lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *