Jenis Investasi Pemula Ini Cocok untuk Investor Pemula

Beberapa orang yang masih menjadi seorang investasi pemula sering kali menganggap bahwa investasi merupakan sebuah konsep untuk penanaman modal untuk perusahaan yang membutuhkan sebuah modal yang cukup tinggi dan besar. Karena itulah, kegiatan finansial tersebut biasanya hanya bisa diterapkan untuk mereka yang kaya saja. Padahal, sebenarnya konsep investasi itu tidak sama seperti itu. Siapa saja, dari kelas mana pun, Anda tetap bisa melakukan investasi. Tinggal memilih manakha jenis investasi yang ingin Anda terapkan tersebut. Misalnya saja seperti membeli sebuah mata uang asing atau membeli sebuah emas untuk berinvestasi. Namun meskipun begitu, ternyata ada juga resikonya saat berinvestasi, misalnya saja seperti penipuan.

Namun, tetap saja Anda harus berpikir positif. Sehingga, Anda bisa berpikir lebih realistis saat ingin melakukan investasi pemula. Dimana salah satu bentuk investasi ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu dalam jangka pendek dan juga jangka panjang. Untuk jangka pendek ini adalah tabungan bank. Dari sinilah, Anda bisa menabung uang Anda di bank untuk berinvestasi jangka pendek yang pertama kali yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memulainya dengan cara melakukan setoran awal minimal sebanyak 500 ribu rupiah. Dari situlah Anda bisa memulai dengan cara melakukan sebuah setoran yang rutin sama seperti yang ditentukan oleh pihak bank tersebut. Modal awal untuk melakukan investasi ini tidak akan bisa berkurang, namun bisa dicairkan kapan saja Anda membutuhkannya menggunakan ATM. Namun bila Anda memilih jenis ini, maka presentase bunganya cukup kecil.
Selain hal tersebut, salah satu investasi pemula yang bisa dilakukan adalah deposito. Investasi yang satu ini sebenarnya sama seperti sedang menabung di bank. Karena Anda harus melakuakn setoran secara rutin namun Anda hanya bisa mencairkannya di waktu yang ditentukan atau pada masa tenggangnya, biasanya ini dimulai dari kurun waktu 1 bulan sampai dengan 1 tahun. Sementara itu, untuk suku bunganya sendiri pun jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan suku bunga yang diberikan pada tabungan bank yang bergantung pada tenor dan janga waktu yang ditentukan oleh nasabahnya. Misalnya saja untuk kurun waktu 1 bulan, biasanya suku bunga per tahunnya adalah 3% sementara untuk 12 blan bank biasanya akan diberikan suku bunga sebesar 3.15%.
Sementara itu, untuk proses perhitungan bunga depositonya tersebut bisa dihitung dengan cara di bawah ini. Jadi, misalnya saja Anda mengambil deposito selama 3 bulan untuk suku bunga 3.05%, kemudian uang yang disetorkan sebanyak 5 juta rupiah, maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut ini: Bunga = (bunga x saldo x jml hari untuk periode 3 bulan) / 365 hari. Sedangkan untuk menghitung bunga dari deposit 5 juta dari jumlah investasi pemula Anda tersebut adalah sebagai berikut ini, 5 juta x 3.05% x 91/ 365 = Rp 38.020, -. Sementara itu, pajak 20% x 38 ribu itu, hasilnya adalah 7.604. dari sinilah bisa dilihat bahwa total keuntungan yang Anda dapatkan adalah sebesar Rp 30.416.
Investasi Uang Asing
Tidak sekedar untuk investasi tabungan saja, investasi uang asing ini juga bisa dijadikan sebagai sebuah investasi pemula yang patut dicoba. Mengingat sekarang ini ada banyak bank yang menawarkan investasi ini, sehingga hal ini bisa Anda pilih untuk Anda yang sedang mencari usaha investasi yang menguntungkan dengan modal seminim mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *