Puasa Baik Untuk Jantung dan Pembuluh Darah Lebih Sehat

Penyakit jantung yang menjadi pembunuh manusia nomor 1 di dunia ternyata dapat dicegah dengan berpuasa. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung, tetapi puasa ternyata juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan pembuluh darah.

jantung-sehatFakta ini sendiri disampaikan langsung oleh dr. Eka Ginanjar, SpPD yang merupakan pakar kesehatan yang bekerja menjadi konsultan untuk permasalahan kardiosvolar di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang berlokasi di Jakarta kepada harian Tempo.

Dalam uraiannya disebutkan pula bahwa puasa yang bisa menyehatkan jantung tersebut adalah puasa yang benar. Dimana jika seseorang melakukan ibadah puasa dengan benar maka dipastikan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh mereka akan turut menurun.

Adapun yang dimaksudkan oleh dr. Eka sebagai salah satu jenis atau ciri khas dari puasa yang benar tersebut adalah puasa dimana ketika menyantap buka dan sahurnya tidak berlebihan dalam menyantap berbagai hidangan yang tersedia. Karena jika anda makan sahur dengan porsi yang berlebihan, maka dipastikan pada saat siangnya anda hanya akan banyak menghabiskan waktu dengan tidur saja. Kemudian untuk berbuka juga dengan menyantap hidangan berlebihan selain tidak sehat untuk tubuh juga tidak dianjurkan dalam Islam.

Selain hal tersebut, pilihan menu yang tepat untuk puasa yang baik untuk jantung dan pembuluh darah adalah menu berbuka dan sahur dengan nilai gizi yang seimbang. Sehingga asupan nutrisi tubuh anda tetap terjaga kesehatan dan juga kebutuhannya.

Selain itu, puasa yang pada dasarnya adalah salah satu kegiatan ibadah juga seharus tidak menghalangi kita untuk tetap sehat dengan berolahraga. Karena jika anda banyak makan dan tidak bergerak sama sekali meskipun sedang berpuasa, maka dipastikan tubuh anda akan dipenuhi dengan tumpukan lemak pada pembuluh darah. Hal inilah yang kemudian berdampak pada penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah dan beresiko akan menjadi penyebab munculnya penyakit jantung.

Parahnya lagi, jika penyumbatan justru terjadi di daerah pembuluh darah yang ada di otak, maka penyakit yang justru akan datang adalah stroke.
Kesimpulannya adalah puasa ternyata sangat baik untuk menyehatkan jantung serta pembuluh darah jika dalam praktiknya dilakukan dengan cara yang dianjurkan dan benar. Untuk menu berbuka usahakan mengkonsumsi buah-buahan dan juga kurma dan lebih banyak mengkonsumsi air putih.

Sementara itu, untuk menu makanan yang manis dan banyak mengandung gula, akan lebih baik jika anda kurangi. Hal ini dikarenakan gula merupakan salah satu penyebab dari munculnya berbagai penyakit di tubuh anda. Selamat berpuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *