Resep Membuat Kue Kukus Tradisional Bernama Kue Lapis

Resep kue kukus tradisional bernama kue lapis merupakan jenis kue yang enak dan nikmat disantap namun jarang ada orang yang mau mengangkat dan memperkenalkannya. Oleh sebab itulah, spesial dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai bahan -bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis serta tentunya cara membuatnya.

SONY DSC
SONY DSC

Jika dibandingkan dengan kue yang dipanggang dengan dimasukkan ke dalam oven, jelas kue lapis ini lebih mudah cara pengerjaannya. Tak heran jika kue lapis sendiri menjadi salah satu menu favorit yang biasa disajikan para ibu rumah tangga di rumah mereka. Membandingkannya dengan jenis kue dan roti lainnya, jelas kue lapis juga tentu tak kalah menarik dan nikmat untuk dikonsumsi.

Dan bagi anda yang saat ini tengah mencari referensi resep kue kukus yang satu ini. Berikut cara membuat kue lapis yang legit dan nikmat serta menarik tersebut.

Bahan-bahan 

Untuk membuat kue tradisional bernama kue lapis kita membutuhkan berbagai bahan antara lain sebagai berikut :

  • Terigu seberat 50 gram
  • Gula pasir kira-kira 140 gram
  • Telur sebanyak 5 butir
  • Cokelat bubuk sebanyak 50 gram, dan
  • Margarin sebanyak 50 gram

Cara Membuat

Untuk membuat kue lapis yang utama tentu kita akan membuat dua buah adonan dengan warna yang berbeda. Selengkapnya, cara membuat kue lapis tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Untuk membuat lapisan yang berwarna cokelat kita perlu menambahkan adonan yang terdiri atas telur dan gula yang dicampur baik itu dikocok atau dengan bantuan mixer sampai berwarna agak keputihan dan mengembang. Kemudian tambahkan cokelat bubuk dan margarin aduk kembali hingga merata dan sisihkan.
  2. Untuk lapisan putihnya, campurkan bahan telurdan gula dimixer hingga berwarna putih lalu campurkan  tepung terigu, margarin cair dan juga air kemudian aduk hingga merata dan sisihkan.
  3. Persiapkan loyang dan pasangkan kertas roti agar nanti kue tidak lengket ketika mau diambil.
  4. Persiapkan panci untuk mengukus yang tentunya diberi air dan dimasak di api yang berukuran sedang.
  5. Untuk pertama masukkan tipis adonan berwarna cokelat ke dalam loyang dan kukus dan tutup selam 5 menit.
  6. Setelah itu, buka kukusan dan masukkan kembali adonan berwarna putih dan kembali dikukus selama 5 menit. Lakukan hal tersebut hingga semua adonan telah dicampurkan.
  7. Untuk adonan terakhir, kukus hingga waktu 1o menit untuk memastikan semua adonan yang dimasukkan telah matang.
  8. Angkat dan potong-potong sesuai dengan selera anda dan hidangkan.
  9. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *