Sesak Nafas Merupakan Gejala Utama Penyakit Bronkitis

Sesak nafas ternyata tidak hanya menjadi sebuah pertanda yang akan merujuk pada sebuah penyakit bernama asma saja, akan tetapi bisa jadi sesak nafas merupakan salah satu gejala bronkitis. Alhasil, jangan sepelekan masalah sesak nafas ini, anda pun harus memastikan apa yang menjadi penyebab anda bisa sesak dalam bernafas tersebut. Karena ternyata antara asma atau pun penyakit bronkitis memiliki gejala utama yang sama yakni sesak nafas.

sesak-napasSecara bentuk dan jenis penyakitnya, kedua penyakit tersebut memiliki hal yang sangat berlainan dan jauh berbeda. Dimana pada penyakit bronkitis, penderitanya rentan terkena peradangan yang terdapat pada sistem pernafasan bagian bawah atau yang disebut dalam istilah ilmiahnya Bronkus. Sementara itu, bila merujuk pada penyakit asma atau sesak nafas, hanya terjadi sebuah alergi atau keadaan dimana saluran nafas terkena sebuah sistem sensitif secara berlebihan. Adapun pemicu sakit yang bernama asma itu sendiri 90 persennya dikarenakan faktor genetik atau keturunan. Sementara itu 10 persennya lagi sendiri memang disebabkan oleh faktor eksternal sebut saja diantaranya adalah debu dan juga asap.

Meskipun gejala bronkitis seperti yang disebutkan di atas, utamanya adalah sesak nafas, namun bisa jadi pasien penderita bronkitis sendiri juga mengalami batuk yang terus menerus serta akan mengeluarkan dahak berwujud kental. Dahak inilah yang kemudian nantinya akan mengganjal pada saluran pernafasan atau menjadi ganjalan ketika ingin bernafas, alhasil juga nantinya akan menyebabkan pasiennya menderita sesak nafas.

Adapun penyebab dari penyakit bronkitis sendiri bisa juga disebabkan oleh paparan polusi udara atau terhirup udara yang terpolusi. Hal ini juga termasuk jika manusia atau orang tersebut terhirup udara tidak baik dari asap rokok. Atau bisa jadi anda adalah orang yang setiap harinya selalu menghirup udara yang banyak megandung debu. Beberapa penyabab inilah yang kemudian di dalam tubuh memicu munculnya penyakit yang bermula dari peradangan sistem saluran pernafasan dan terjadilah sesak nafas.

Meski demikian, bronkitis juga bisa disebabkan oleh adanya virus yang menjangkit manusia itu sendiri. Pada level yang lebih parah, penyakit bronkitis juga akan mampu menyebabkan gangguan pada seluruh bagian dari paru-paru anda. Dalam hal ini, bronkitis sendiri sudah masuk dalam kategori akut dan juga bisa kronis. Namun pada kasus yang sering terjadi bronkitis akut sendiri bisa terjadi kapan saja saat pemicu dari penyakit ini hadir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *