Tips Dekorasi Rumah dengan Jam Dinding

Jam dinding saat ini sudah bertransformasi tidak hanya sebatas berfungsi sebagai penunjuk waktu saja, namun juga bisa menjadi item dekorasi dari sebuah ruangan di dalam rumah jadi lebih menarik. Pemilihan yang tepat merupakan kunci dari jam dinding yang mampu menciptakan kekuatan karakter sebuah ruangan jadi lebih nyaman dan bermakna tersendiri. Nah, bagi anda yang ingin melakukan pendekorasian rumah dengan menggunakan jam dinding, berikut adalah tipsnya :

Mengenal Jenis Jam Dinding

Selain memiliki fungsi jam, jam dinding pun diciptakan dengan jenis yang beraneka ragam. Jenis yang dimaksud adalah bahan pembuatnya yakni ada yang terbuat dari kayu, plastik, metal dan lain sebagainya. Sebelum anda memutuskan untuk membeli jam dari jenis yang mana, pastikan terlebih dahulu karakter seperti apa yang ingin anda ciptakan dari ruangan yang nantinya akan diletakkan jam dinding tersebut.

Pilih Jam Dinding yang Mampu Mewakili Anda

Dalam pemilihan jam dinding, yang paling harus anda pahami adalah memilih model yang benar-benar mampu mewakili siapa anda dan karakter ruangan anda. Dimana anda harus berfikir bahwa menggantung jam dinding, sama halnya dengan ketika anda menempatkan sebuah lukisan atau foto di dinding anda. Meski kecil, namun tetap akan berpengaruh terhadap ruangan anda secara keseluruhan. Jika memang ruangan anda memiliki gaya vintage, maka akan lebih baik jika anda memilih jam dinding yang terbuat dari bahan kayu, sementara bagi ruangan yang bergaya modern minimalis sangat tepat bagi anda memilih model jam yang minim jumlah detilnya.

Tentukan Jumlah Jam Dinding

Anda bisa saja berfikir mengenai jam dinding yang sama fungsinya dengan lukisan di ruangan anda. Oleh sebab itu, tempatkan lebih dari satu buah jam dinding di ruangan anda, Tidak harus kaku, dimana anda bebas menempatkannya dengan keinginan anda sendiri baik itu, horizontal, vertikal atau justru miring. Mengenai waktu, agar bisa bekerja maksimal menunjukkan waktu, maka setting waktu tersebut sesuai dengan waktu yang ada di tiga negara atau tiga wilayah waktu Indonesia, yakni WIT, WITA dan WIB.

Warna yang Kontras

Jika dinding ruangan anda berwarna cerah seperti putih atau palet pastel pucat akan lebih baik anda memilih warna jam dinding yang lebih gelap sehingga menimbulkan kesan ruangan anda yang lebih stylish dan juga menarik. Sebut saja untuk warna putih, jangan pernah ragu untuk menempatkan warna jam dinding hitam atau justru biru navy. Sebaliknya, jika dinding anda berwana agak gelap pilihlah warna yang lebih cerah untuk membuat sebuah gaya kontras.

Jam Dinding Desain Kuno

Jika anda tertarik menghadirkan nuansa vintage pada ruangan anda, maka anda dapat memilih jam dinding cuckoo yang berbahan kayu. Meski jam dinding dengan gaya rumah burung ini memang sangat klasik, namun tak pernah lekang oleh waktu. Selain itu, jam dinding cuckoo ini sendiri sudah dibuat dengan desain kontemporer sehingga masih sangat cocok dipadu padankan dengan konsep ruangan seperti saat ini atau berpadu dalam ruangan yang modern.

Stylish

Jika anda ingin membuat sebuah ruangan yang lebih stylish dan modern tak ada salahnya anda memilih jam dinding dengan nuansa eklektik dan art deco. Sebut saja diantaranya adalah jam dinding dengan motif bulan atau juga bisa matahari atau dengan detail lainnya.

Tempat Meletakkan

Penting juga bagi anda menempatkan dan membeli jam dinding sesuai dengan dimana jam tersebut akan diletakkan. Misalnya pada dapur, bisa anda letakkan jam dinding dengan motif buah atau ayam sehingga lebih menggugah selera ketika memandangnya. Dan untuk kamar anak, bisa memilih jam bermotif tokoh kartun dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *