Untuk Kenyamanan, Bawa Barang-Barang Ini Saat Naik Kereta Api Ekonomi

Sumber gambar: shutterstock

Kereta api ekonomi kini semakin banyak dipilih karena harganya yang cukup terjangkau dan fasilitasnya telah memadai. Cara untuk mendapatkan tiket juga sudah sangat gampang sekali, ada sistem online dan juga secara langsung. Saat ini orang-orang lebih memiliki sistem online karena bisa dilakukan kapan saja dan tidak perlu mengantri. Tidak jarang, karena sedang musim liburan para penumpang rela mengantri sampai berjam-jam-jam.

Pesan tiket kereta api secara online, Anda bisa langsung ke situs PT KAI, atau berbagai online travel agent seperti halnya Traveloka. Menjadi sebuah keharusan bagi setiap penumpang memilih tempat pesan tiket yang terpercaya serta memberikan pelayanan terbaik seperti Traveloka ini. Apapun kelas tiket kereta api yang ingin dipesan, pesan di Traveloka aja, semuanya tersedia.

Setiap alat transportasi pasti memiliki tantangan tersendiri saat menaikinya, seperti halnya kereta api ekonomi. Meskipun saat ini kereta api ekonomi sudah memiliki fasilitas yang mumpuni, namun jika dibandingkan dengan kelas eksekutif atau bisnis, kenyamanan yang diberikan cukup berbeda. Oleh karena itu tidak heran beberapa penumpang membawa sendiri barang untuk kenyamanan pribadi.

Bantal Leher

Bagi para penumpang yang berencana untuk bepergian jauh, disarankan untuk membawa bantal leher. Kondisi tempat duduk di kereta api, tidak memungkinakan Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Oleh sebab itu, Anda perlu sekali untuk membawa bantal leher yang akan menjauhkan otot-otot dari rasa tegang. Bantal leher ini juga memungkinkan Anda untuk tetap tidur nyaman meskipun dalam keadaan duduk di bangku kereta. Jika tidak membawa bantal leher, Anda bisa menyewa.

Makanan Ringan dan Minuman

Tidak beda jauh dengan pesawat, harga makanan dan minuman yang terdapat di dalam kereta api cukup mahal. Oleh sebab itulah, disarankan untuk membawa makanan ringan dan minuman dari rumah. Kalau Anda adalah tipe orang yang tidak bisa makan saat dikendaraan, siasati dengan makan kenyang sebelum berangkat. Pasti rasanya akan tidak nyaman sama sekali ketika kita naik kendaraan dalam waktu yang lama dan perut dalam kondisi yang kosong. Bisa-bisa masuk angin dan lebih parah lagi bisa pingsan.

Bagi Anda para perokok, bawalah permen atau makanan pengalih lainnya. Seperti yang kita ketahui saat ini baik itu kereta api kelas ekonomi, bisnis, ataupun juga eksekutif sudah terpasang AC. Dan peraturan menyebutkan tidak boleh merokok di dalam ruangan ber-AC.

Sandal Jepit

Kereta api ekonomi memiliki tempat duduk dengan isi penumpan 2-sampai 3 orang. Nah, sekat-sekat antar kursi ini tidak terlalu lebar, ruang gerak kaki juga terbatas. Oleh sebab itulah, Anda disarankan untuk memakai sandal jepit saja. Saat kaki pegal, Anda bisa mengangkatnya ke bangku. Coba bayangkan jika Anda mengenakan sepatu, selain gerah, ruang gerak jadi sangat terbatas. Selain memudahkan saat berada di bangku penumpang, Anda akan gampang jika ingin ke kamar kecil.

Tisu Basah Antiseptic

Karena sedang berada di alat transportasi umum yang penumpangnya datang dari berbagai macam penjuru negeri, Anda harus menyediakan tisu basah antiseptic. Kamar mandi di alat transportasi umum biasanya akan mudah sekali kotor karena seringnya digunakan, nah tisu antiseptic ini sangat berguna sekali. Selain digunakan untuk urusan kamar mandi, tisu basah ini juga bisa digunakan untuk cuci tangan atau mengelap wajah jika Anda sedang malas meyentuh air.

Earphone atau head seat

Menghabiskan waktu lama di dalam kereta api hanya dengan duduk diam saja pasti akan sangat membosankan ya. Oleh sebab itu, bawalah head set ataupun earphone. Alat-alat ini bisa mengalihkan kita dari rasa bosan yang melanda. Memang bisa sih, kita berbincang dengan penumpang lainnya. Namun tidak semua orang mudah untuk beradaptasi. Jadi untuk jaga-jaga saja menghindari obrolan yang membosankan, Anda bisa membawa head seat ataupun earphone, jangan lupa sebelumnya juga memasok play list yang banyak ya, atau bisa juga dengerin youtube, kalau sinyal internetnya ada.

Benda-benda di atas sifatnya opsional untuk dibawa. Jadi jika dirasa Anda akan membutuhkannya bawa saja. Namun jika dirasa memberatkan ya tidak perlu untuk dibawa. Semoga perjalanan Anda kali ini akan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *